• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Keripik Gedebong Pisang, Hasil Pertanian dari Pohon Pisang Ini Bisa Hasilkan Produk UMKM yang Luar Biasa, Begini Cara Pembuatannya!!

    Jumat, 7/07/2023 09:07:00 AM WIB Last Updated 2023-07-07T02:14:37Z
    masukkan script iklan disini


    SUKABUMI, Jelajahhukum.id _ Tutorial Produk UMKM Desa Cikadu Keripik Gedebong Pisang yang viral produknya kini diminati oleh banyak kalangan, baik intansi pemerintah maupun masyarakat umum, bahkan akan di ekspor ke Jepang.


    Pantauan awak media, beberapa waktu lalu terlihat sejak pagi hari Ibu-ibu kelompok UMKM Desa Cikadu sudah bekerja membuat pesanan keripik gedebong pisang, bertempat di Pasir kolotok Desa Cikadu Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Senin (03/07/2023).


    Untuk membuat keripik gedebong pisang hasil dari pertanian yang asal nya dari pohon pisang ini memerlukan bahan yang khusus, Bahan-bahan yang diperlukan yaitu:

    1. Irisan bagian dalam gedebong pisang

    2. Terigu 

    3. Tepung Beras

    4. Kari

    5. Penyedap rasa

    6. Bawang Putih

    7. Garam Secukupnya

    8. Minyak goreng 


    Menurut Tutorial singkat yang disampaikan Putri dari UMKM Desa Cikadu mengatakan, Bahan gedebong pisang kepok yang telah dipilih daging dalamnya di iris tipis dengan pisau, setelah terkumpul irisan maka untuk menghilangkan rasa pahit dan kesat di rendam satu malam menggunakan kapur sirih atau apu agar lentur tekstur dari irisan gedebong pisang kepok tersebut.


    "Selanjutnya, setelah satu malam direndam irisan gedebong pisang tersebut di peras, nanti akan keluar kandungan sisa getah dan airnya dicuci bersih dengan air bersih yang mengalir sampai terlihat putih irisan gedebong pisang kepok tersebut. Setelah itu, di kasih bumbu penyedap rasa dan rempah seperti garam secukupnya, tepung terigu, tepung beras, bawang putih lalu diaduk merata dan dibiarkan kurang lebih 5 menit sebelum di goreng kering," ucap Putri.


    Ditempat yang sama, Kepala Desa Cikadu Neng Elva Yulianti menjelaskan, Inilah tempat dibuatnya keripik gedebong pisang produk unggulan UMKM Desa kami.


    "Ibu-ibu kelompok UMKM sudah sibuk sejak tadi pagi, karena kebetulan ada pesanan dari Pemda Sukabum. Saya berharap mudah-mudahan kedepannya ada investor yang mau bekerja sama untuk memperbanyak produksi, juga kedepannya diharapkan dengan adanya investor maupun bantuan lainnya bisa menjadikan tempatnya untuk produksi. Ini lebih nyaman untuk digunakan sebagai tempat produksi dan usaha UMKM Desa Cikadu lebih berkembang lagi. Semoga produksi bisa lebih banyak lagi dan produk Keripik gedebong pisang ini bisa di minati semua kalangan," jelasnya.



    Ibu Inah salah satu warga masyarakat pemilik warung sembako dan makanan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Jajaway Palabuhanratu mengatakan, rasa keripik gedebong pisang ini renyah dan enak sekali.


    "Ini makanan unik dari bahan alami, sehingga rasanya mak nyoos. Saya bisa membantu produk dari UMKM-UMKM Palabuhanratu untuk dijual di warung saya," pungkasnya.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini