• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Buniwangi Kecamatan Palabuhanratu Periode 2023/2025

    Minggu, 8/20/2023 09:15:00 PM WIB Last Updated 2023-08-20T14:19:50Z
    masukkan script iklan disini


    SUKABUMI, Jelajahhukum.id _ Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) telah dilaksanakan pada Hari Minggu 20 Agustus 2023 bertempat di gedung SMA Islam Nurul Huda Buniwangi Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dengan masa jabatan 2023-2025.


    Pemilihan tersebut diikuti oleh 3 (tiga) orang calon, dan pemilih yang merupakan unsur Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh agama yang sudah masuk seleksi terlebih dahulu se'Desa buniwangi berjumlah 107 Orang.


    Acara tersebut di hadiri oleh Camat Palabuhanratu Drs.H.Ali Iskandar dan di dampingi oleh Danramil 0622-02 Palabuhanratu Kapten Inf.Maman Sulaeman serta Kapolsek Palabuhanratu Mangapul Simangunsong,SH dan pejabat terkait lain nya.


    Camat Palabuhanratu, Drs.H.Ali Iskandar saat diwawancarai awak media mengatakan, alhamdulilah saya bersama forkopimcam yang kemudian juga di pantau oleh DPMD yang menyaksikan secara langsung demokrasi di Desa Buniwangi semuanya hadir dalam posisi yang gembira, riang, senang dan tidak ada tekanan, dan hari ini juga kita menyaksikan calon kepala desa terpilih untuk  kemudian di pilih secara berdemokrasi di wilayah kita.


    "Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan meminta kepada semua pihak untuk menerima kodarullah ini sebagai sebuah fakta dan realita yang kemudian harus kita dukung bersama kedepan kepada kepala desa yang terpilih. Mari kita sama-ama membangun Desa Buniwangi, agar bisa menghadirkan kemanfaatan dan kita bersama menjadi saksi, bagaimana kemudian kepemimpinan terpilih secara demokratis dan semua warga masyarakat menikmatinya sebagai bagian tak terpisahkan dari Nya, yang harus kita laksanakan bersama sama," terangnya.



    Drs.Ali Iskandar juga menambahkan, pertama tentu menyelesaikan dan menuntaskan, apa yang akan di agendakan kedepan, apa yang kemudian di tuangkan dalam visi misi yang tentu saja juga menjadi bagian tak terpisahkan dari apa yang akan di kerjakan kedepan nya dan itu kemudian didiskusikan dengan banyak pihak agar bisa direalisasikan.


    "Yang ke dua, tentu saja melaksanakan kinerja strategis baik di tingkat kecamatan maupun di kabupaten secara nasional, dan yang ke tiga tentu adalah memastikan bahwa layanan harus dapat dilaksanakan setelah kemudian di kukuhkan dan dilantik menjadi kepala desa terpilih, setelah di keluarkan nya SK bupati untuk melaksanakan aktifitas kegiatan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pemberdayaan yang menjadi tugas pokok, agar kemudian pemberdayaan dan pembangunan dan aktifitas kegiatan lainnya bisa di laksanakan di tingkat desa," papar Camat Palabuhanratu.


    Di tempat yang sama, Endi Riana Irmansyah S,Pd sebagai Ketua Panitia PAW Desa Buniwangi menjelaskan, pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) ini berbeda dengan pemilihan desa reguler seperti biasanya, karena pemilihan kepala desa antar waktu ini dilakukan dalam forum musyawarah panitia. Panitia sudah menetapkan 107 orang peserta musyawarah yang terbagi menjadi empat kedusunan, peserta musyawarah tersebut di tetapkan dalam musyawarah dusun (Musdus), kemudian mereka mengikuti kegiatan musyawarah yang di lakukan pada hari ini tanggal 20 Agustus 2023 bertempat di SMA Islam Nurul Huda.


    "Kami panitia dalam segala tahapan dan juga segala proses itu semuanya di lakukan atas asas-azas sesuai dengan asas asas kepemilihan, yaitu azas transparansi, kemudian azas adil langsung umum bebas dan rahasia, sehingga pada hari ini kita sudah menghasilkan calon kepala desa yang terpilih yang di nyatakan suara terbanyak yaitu bapak Hermawan Rudiansyah dengan 67 suara," ucap Ketua Panitia PAW Desa Buniwangi.


    Kita panitia, lanjut Endi, kemudian juga peserta dan juga saksi semuanya tadi menerima keputusan tersebut dengan damai, adem karna memang dari awal sudah di tegaskan bahwa ini takjub musyawarah nya. Musyawarah menggembirakan, jadi segala keputusan siapapun yang menang itu harus diterima dengan baik.


    "Adapun untuk anggaran PAW ini di ambil dari ADD itu sekitar 26 juta lebih," ujarnya.



    Sementara itu, Ketua BPD Desa Buniwangi Adang HS mengatakan, Alhamdulillah kegiatan hari ini sesuai dengan apa yang di harapkan, kami menunjuk panitia dan panitia sekaligus bekerja dengan sungguh-sungguh dan setiap hari setiap malam terus berlanjut walaupun dengan segala kekurangan anggaran tapi panitia kami dampingi terus sampai berjalan nya dengan lancar pekerjaan nya.


    "Kemudian yang kami harap kan waktu musdus nya berjalan dengan lancar dan sampai hari ini tanggal 20 Agustus 2023 musyawarah Alhamdulillah berjalan dengan lancar, aman dan tertib sesuai dengan apa yang di harapkan, dan akhirnya selesai dengan sukses dan semoga Kepala Desa Terpilih dapat menjalankan Amanah dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini