• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    BPBD Ingatkan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Perairan Banten Selatan

    Rabu, 9/20/2023 01:17:00 AM WIB Last Updated 2023-09-19T18:17:31Z
    masukkan script iklan disini

     


    LEBAK-BANTEN, Jelajahhukum.id _ Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Lebak menghimbau kepada warga disepanjang pesisir pantai selatan agar waspada terhadap gelombang tinggi yang berpotensi terjadi hari Selasa(19/09/2023) pukul 17.00  Wib sampai dengan hari Rabu (20/09) pukul 17.00 Wib.


    Potensi gelombang tinggi terjadi di perairan Banten Selatan tersebut berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika( BMKG ).   


    Dikatakan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, potensi gelombang tinggi sekitar 2.50-4.0 di prediksi bakal terjadi di perairan Banten Selatan sampai dengan perairan Pulau Sumba. Untuk itu ia  mengharapkan agar warga tetap waspada jika prediksi gelombang tinggi benar-benar terjadi.


    "Kami menghimbau agar warga di pesisir perairan Banten Selatan untuk tetap waspada, lakukan penyelamatan dan evakuasi mandiri jika  prediksi itu terjadi," kata Febby, kepada Wartawan, Selasa (19/09/2023).


    Menurut Febby, ia meminta agar warga yang berada di pesesir  pantai untuk dapat memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan terutama kepada nelayan dan pelayaran agar perahu nelayan bersikap hati hati, karena kecepatan angin bisa mencapai lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1.25 meter.


    Jadi kata Febby, kehati-hatian sangat diperlukan mengingat potensi atau peluang terjadinya gelombang tinggi bisa menyebabkan keselamatan warga terancam. Bahkan kata dia, agar untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah menginstruksikan agar relawan tangguh BPBD untuk bersiap siaga.


    "Hati hati bagi nelayan yang melaut. Karena kecepatan angin bisa mencapai 15 knot dengan tinggi gelombang diatas 1.25 meter," ucap Febby.


    "Warga yang biasa melakukan aktifitas di pesisir harap menghentikan dulu kebiasaanya, seperti memancing dan berwisata dipinggir laut," tambah Febby.


    Terpisah, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lebak, Iwan Hermawansyah mengaku sudah memberikan arahan kepada relawan kebencanaan di daerah Selatan Lebak untuk bersiap siap membantu warga jika hal hal buruk terjadi.


    "Kita intruksikan anggota untuk bersiap-siap dilapangan untuk membantu warga," pungkas Iwan.


    (Didin)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini