• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    BNPB Terus Lanjutkan Program IDRIP di Desa Jayanti, Masuki Pertemuan ke 13 Membahas Finalisasi Rencana Aksi PRB

    Jumat, 12/01/2023 09:56:00 PM WIB Last Updated 2023-12-01T15:18:05Z
    masukkan script iklan disini


    SUKABUMI, Jelajahhukum.id _ BNPB terus melanjutkan program IDRIP di Desa Jayanti, dimana pertemuan tersebut memasuki pertemuan ke 13 tentang finalisasi rencana penanggulangan bencana dan rencana aksi komunitas di Desa Jayanti. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jum'at (01/12/2023).


    Acara dihadiri oleh Tim RMC wilayah Jawa Barat BNPB bersama dengan World Bank dan juga IDRIP, Fasda, Fasdes, Kepala Desa beserta Staf Desa, BPD, Ketua LPM, para Lembaga Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan semua personil dari Tim Destana Desa Jayanti.


    Wakil kordinator Bidang Pemberdayaan Provinsi Jawa Barat IDRIP BNPB, Adi Nurwansyah mengatakan, pertemuan ke 13 ini adalah lanjutan dari pertemuan sebelumnya tentang penyusunan penanggulangan resiko bencana dan rencana aksi komunitas.


    "Pertemuan hari ini telah tersusun dokumen tentang rencana penanggulangan bencana tentang rencana aksi komunitas, dimana tadi ada presentasi hasil lembar kerja yang sudah dikerjakan lalu tadi juga sudah ada perbaikan dan revisi untuk penyusunan dokumen tersebut," ucapnya.


    Jadi disini dari masyarakat sudah menyusun, masih kata Adi, mulai dari identifikasi kapasitas dan kerentanan sampai dengan program-program prioritas yang akan dilaksanakan untuk penanggulangan bencana dan resiko bencana.


    "Nanti kedepannya, dokumen-dokumen yang sudah disusun ini akan menjadi dasar dalam Musrenbang untuk penyusunan RPJM Desa, terang Adi.


    Untuk semua pertemuan kegiatan tersebut, Adi pun menjelaskan bahwa total kita ada 29 kali pertemuan, nanti dipertemuan akhir kita akan melaksanakan PKD akhir. Jadi kita akan melihat progres dari PKD awal sebelumnya apakah ada peningkatan untuk ketangguhan masyarakat di Desa Jayanti.


    "Saya berharap masyarakat menjadi lebih sadar dan dapat menggunakan dokumen ini dengan bijaksana, jadi masyarakat bisa mengawal dokumen-dokumen yang sudah kita buat untuk di implementasikan di masyarakat dan di informasikan kepada masyarakat," harap Adi.



    Sementara itu, Kepala Desa Jayanti Nandang, S.Ag menyampaikan, hari ini Jum'at (01/12/2023) kembali untuk kesekian kalinya di Desa Jayanti dilaksanakan Sosialisasi kegiatan tentang penanganan kebencanaan yang di inisiasi oleh BPBD, kemudian BNPB dan juga IDRIP serta World Bank.


    "Pada materi kali ini yaitu membahas finalisasi rencana aksi PRB atau penanggulangan bencana dan rencana aksi komunitas, dimana tadi sudah ada presentasi hasil lembar kerja yang sudah dikerjakan oleh kelompok Tim Destana Desa Jayanti, lalu tadi juga sudah ada perbaikan dan revisi untuk penyusunan dokumen tentang penyusunan rencana aksi pengurangan resiko bencana tersebut oleh tim Fasda. Saya berharap, semua kelompok bisa memahami terhadap kerja dan tugasnya masing-masing kemudian berharap bahwa ini menjadi transformasi ilmu pengetahuan buat warga masyarakat sekitar," pungkasnya.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini