• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Saat Libur Nataru, Wisata Batu Bintang Desa Jayanti Jadi Idola Tujuan Wisatawan ke Palabuhanratu

    Selasa, 1/09/2024 07:58:00 AM WIB Last Updated 2024-01-09T01:06:26Z
    masukkan script iklan disini


    SUKABUMI, Jelajahhukum.id _ Libur Nataru (Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024) telah usai, ada kesan yang mendalam dari wisatawan saat liburan ke tempat wisata. Salah satu nya wisata Batu Bintang yang ada di Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Senin  (08/01/2024).


    Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag mengatakan, khusus untuk wisata Batu Bintang Desa Jayanti pada saat libur Nataru kemarin termasuk salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan wisata yang paling di idolakan oleh wisatawan saat berkunjung ke wilayah Palabuhanratu.


    "Kenapa, karena batu bintang ini selain daripada wisata alam, ada pesisir, pantai, ada laut kemudian wisatawan juga disuguhkan dengan melihat aktivitas industri PLTU. Oleh karenanya menjadi multi fungsi di area bantu bintang ketika wisatawan-wisatawan bisa nyaman disana," kata Nandang.


    Lokasi yang sangat bersih juga salah satu keunggulan dari Wisata Batu Bintang, masih kata Nandang, karena memang tim kebersihannya yang sangat bagus.


    "Ketika banyak-banyak nya pengunjung (sedang membludaknya), tim kebersihan tetap berjalan membersihkan area wisata, sehingga lokasi di batu bintang selama liburan Nataru alhamdulilah sampah sangat tertangani," jelasnya.


    Ketika di Wisata Batu Bintang, lanjyt Nandang,  selain bisa menikmati Sunset (trrbenamnya matahari), bisa menikmati pantai dan pesisirnya mereka bisa menikmati juga PLTU yang sedang berjalan.


    "Mereka bisa bermain pasir yang kondisi pesisir pantainya sangat landay dan sangat aman, karena kita terbantu dan terhalang nya brikfoter ataupun Jeti PLTU. Maka ketika wisatawan bermain air pun, mereka dengan sangat aman dan nyaman disana," terang Nandang.



    Penataaan dan Fasilitas Wisata Batu Bintang Desa Jayanti


    Untuk penataan wisata Batu Bintang, Nandamg menjelaskan, selain sudah dibangun nya toilet dan MCK di dua lokasi, yaitu satu lokasi 15 pintu dan satu lokasi nya 13 pintu, jadi total 28 toilet/MCK yang ada di Batu Bintang.


    "Kita pun sudah membangun dan menata area tersebut dengan 2 mushola, kemudian disana ada kios yang tertata dengan rapi, dengan ikon dan simbol Leuit nya sebagaimana harapan pak bupati sukabumi. Kemudian kita siapkan juga untuk menikmati Sunset, menikmati suasana kekeluargaan nya kita siapkan bale-bale sebanyak 10 bale-bale," jelas Nandang.


    Jujur saja kita kemarin sangat kewalahan, Nandang pun memaparkan, ketika banyak wisatawan yang ingin menikmati suasana itu sambil duduk di atas bale, sampai harus mengantri dan sampai harus booking.


    "Mohon maaf kepada para pengunjung yang memang sudah booking tempat, tapi akhirnya tidak kebagian tempat untuk duduk di bale-bale tersebut di karena kan penuh nya wisatawan," papar Nandang.


    Untuk fasilitas Batu Bintang bukan hanya itu saja, masih kata Nandang, Kita siapkan juga untuk eksplore wilayah batu bintang supaya tidak cape jalan kaki ketika jalan di pantai dengan motor ATV nya, kita menyiapkan itu. Untuk hoby olahraga, kita menyiapkan juga ditengah-tengah batu bintang itu area untuk mini soccer, ini semakin semarak pengunjung yang datang ke Batu Bintang.


    "Di wisata Batu Bintang hari ini baru bisa menerapkan Pas masuknya saja, di batu bintang tidak ada kewajiban untuk membayar parkir, bahkan pengelola sangat mengharamkan dalam tanda kutip ketika ada oknum atau orang yang menagih uang parkir di dalam area batu bintang, kecuali jiga memang pengunjung itu bermalam atau pun menginap sambil mancing ditengah laut dan kendaraan nya dititipkan di area penitipan, itu lain soal karena itu ada satu area juga para pengunjung yang akan bermalam. Kemudian yang akan menitipkan kendaraan nya di tempat penitipan dan itu pun sangat-sangat murah," pungkas Nandang.


    Sebelumnya, salah satu supir dari 5 bus Pariwisata dari Jakarta yang membawa wisatawan berkunjung ke Batu Bintang. Bambang mengatakan, sekarang wisata Batu Bintang berbeda dengan tahun sebelumnya saat saya berkunjung membawa wisatawan ke sini.


    "Dimana sekarang tempat nya tertata rapih dan fasilitasnya juga sangat keren, berbeda dengan tempat wisata yang lain yang ada di area wilayah Palabuhanratu. Ini luar biasa, untuk kedepannya saya akan membawa banyak wisatawan untuk berkunjung ke Wisata Batu Bintang Palabuhanratu," ungkapnya.



    Salah satu wisatawan dari Bogor, Eha mengatakan bahwa Ia sudah sering berlibur ke Palabuhanratu, tapi baru kali ini Ia berlibur ke area wisata Batu Bintang.


    "Suasana nya sangat adem ya, penataan wisata nya rapih, pantai nya bersih dan tim kebersihannya selalu ada, berbeda dengan tempat yang lain yang ada di pantai lain, maksudnya di wilayah Palabuhanratu yang saya kunjungi. Semoga kedepan nya ada tempat istirahat yang nyaman disini, seperti diadakan kan fasilitas penginapan atau hotel di Batu Bintang ini," tutupnya.


    (*one)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini