• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Rapat Pleno Pembentukan Panitia dan Pengawas Pemilihan Kepala Desa Cibodas Tahun 2023

    Senin, 6/05/2023 08:00:00 PM WIB Last Updated 2023-06-05T13:00:43Z
    masukkan script iklan disini


    SUKABUMI, jelajahhukum.id - BPD Cibodas menggelar musyawarah desa dalam rangka Pembentukan Panitia dan Pengawas Pemilihan Kepala Desa Cibodas tahun 2013. Acara dilaksanakan di Aula Desa Cibodas Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Senin (05/06/2023).


    Nampak hadir Camat Palabuhanratu bersama jajaran, Kepala Desa Cibodas beserta perangkat Desa, BPD, LPMD dan peserta calon panitia pemilihan Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat.


    Kepala Desa Cibodas H.Junajah Jajah Nurdiansyah S.Pd mengatakan bahwa kegiatan hari ini tahapan untuk pelaksanaan ke panitian Pilkades di Desa Cibodas tahun 2023.


    "Ini masih di tahapan pertama pembentukan panitia terlebih dahulu sebanyak 11 orang, sesudah itu nanti ada tahapan-tahapan berikutnya, terutama pelaksanaan nya nanti di 24 September 2023 di tiga Desa wilayah Kecamatan Palabuhanratu, khususnya di Desa Cibodas," ucap H Junajah.


    Harapan kami, masih kata H.Junajah, demokrasi ini hajat 6 tahunan dan hajat rakyat ini harus kondusif, agar nanti ada pemimpin yang lebih dari saya, karena kami banyak kekurangan. 


    "Mudah-mudahan kedepannya Cibodas bisa lebih baik dan lebih maju lagi," tuturnya.



    H.Junajah pun menjelaskan bahwa acara ini sebetulnya BPD yang berwenang, nanti BPD yang melakukan seleksi karena semua pertanggung jawabannya itu ada di BPD. Sesudah BPD menseleksi nanti baru di bentuk pelantikan ketua panitia siapa, wakil panitia siapa, dari 4 kedusunan itu harus ada.


    "Untuk wejangan saya harap lanjutkan untuk program kedepannya, terutama Desa Cibodas. Jangan sampai ada rakyat yang dirugikan terutama di administrasi, karena saya harap Pilkades ini dijadikan silaturahmi 6 tahunan dan Pjs juga bisa memberikan kedepannya yang lebih bagus lagi. Karena sampai sekarang saya juga belum keluar SK pemberhentian nya dari Bupati," terangnya.


    Sementara itu, Camat Palabuhanratu saat ditanyai awak media menjelaskan, saya beserta rekan-rekan pembina Desa dari kecamatan, Polsek dan Koramil menghadiri undangan dari BPD Desa Cibodas dalam agenda musyawarah pembentukan panitia pemilihan kepala Desa, karena Cibodas masuk 1 dari 70 Desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala Desa langsung di gelombang ke dua.


    "Karena Kepala Desa kita pertama berakhir masa jabatannya di bulan November tahun ini, yang kedua juga yang bersangkutan memilih pengabdian untuk mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif. Maka kemudian masuk 70 Desa yang mengikuti pemilihan kepala Desa secara serentak. Pelaksanaanya tanggal 24 kemarin di awal bulan sudah ada pemberitahuan dari BPD, kepada Desa saat ini tanggal 30 mei sampai dengan tanggal 05 juni BPD membentuk kepanitiaan," papar H.Ali Iskandar


    Kami tadi menyaksikan, lanjut Camat Palabuhanratu, mempasilitasi sekaligus juga melakukan pengawasan BPD telah menentukan pilihan untuk pembentukan panitia, sebagaimana ketentuan panitia pemilihan kepala Desa berjumlah sebanyak 11 orang dipilih dari aparat atau perangkat Desa, yang kedua tokoh masyarakat dan yang ketiga pimpinan atau organisasi kemasyarakatan Desa yaitu: PKK, Karang taruna, Rt, Rw, LPM dan lain sebagainya yang ada di Desa.


    "Tidak hanya membentuk panitia kepala Desa, tetapi membentuk panitia pengawas pemilihan kepala Desa yang jumlahnya ada 5 orang sama komponen nya. Hari ini harus final, nanti kemudian di berita acarakan dan dikukuhkan, diambil sumpahnya membuat fakta integritas. Karena syarat menjadi panitia itu punya pengetahuan dan punya pengalaman dan yang penting berkomitmen untuk menjaga sinergitas dan integritas, salah satu parameternya adalah siger tengah tidak miring topi dan tidak memihak karena panitia itu harus berada di tengah-tengah," jelasnya.



    Ditempat yang sama, Ketua BPD Desa Cibodas Agi Ruslandi menyampaikan bahwa pengukuhan Panitia Pilkades Alhamdulillah sudah terlaksana dengan aman tidak ada kendala apapun dan kami disini sebagai Ketua BPD untuk pengangkatan panitiaan ini secara per-kadus di ambil 2 orang dan untuk panitia pengawas di ambil 1 orang/kadusnya, Alhamdulillah sudah terlaksana.


    "Jumlah panitia terpilih ada 11 orang dan untuk pengawas ada 5 orang, kami berharap semoga pesta rakyat ini sukses selalu dan tidak ada kendala apapun," pungkasnya.


    (Andi Pratama)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini