• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Masa Orientasi Kepramukaan PKBM Wilayah IV Kabupaten Sukabumi Tahun Ajaran 2023/2024

    Sabtu, 8/19/2023 08:13:00 PM WIB Last Updated 2023-08-19T13:17:17Z
    masukkan script iklan disini


    SUKABUMI, Jelajahhukum.id _ PKBM wilayah IV Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Masa Orientasi Kepramukaan (MOPK) se'wilayah IV Kabupaten Sukabumi. Acara tersebut digelar selama 2 hari di Tempat Wisata Puncak Robin Sukamaju Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi, Sabtu (19/08/2023) - Minggu (20/08/2023).


    Ketua Panitia Kegiatan MOPK Sekaligus sebagai Ketua Kwartir Ranting Cikakak, Farid mengatakan, alhamdulilah pada kesempatan hari ini, kami semua dari Forum PKBM wilayah IV Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan. Yang mana kegiatan ini dasar nya satu, sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang mana didalam kegiatan ini ada satu kegiatan yang didalam nya ada kegiatan Kepramukaan.


    "Kegiatan kepramukaan ini dikemas dalam kegiatan Masa Orientasi Kepramukaan (MOKP), yang mana ini adalah tujuan untuk mengembangkan bakat minat untuk kepramukaan khususnya yang ada dilembaga-lembaga atau sekolah-sekolah, dalam hal ini orientasi kepramukaan ini tujuan nya satu untuk mengenalkan kepada para siswa semuanya bagaimana  kepramukaan yang ada sekarang yang berkaitan dengan pendidikan kepramukaan yang ada di Indonesia," ucap Farid.


    Farid pun menjelaskan bahwa yang hadir di kegiatan ini ada 6 PKBM dari jumlah 11 PKBM yang terdaftar di wilayah IV Kabupaten Sukabumi. Yang mana sebagian lagi mengikuti kegiatan-kegiatan MOPK di lembaga nya masing-masing.


    "Dari 6 PKBM yang hadir dengan jumlah peserta yang ada hari ini kurang lebih 60 peserta, perwakilan dari PKBM yang ada diwilayah IV. Saya selaku ketua panitia dalam kegiatan MOPK ini sekaligus kemudian sebagai Ketua Kwartir Ranting Cikakak tentunya mengharapkan kepada siswa-siswa yang hadir, yang masuk di PKBM khususnya, tidak ketinggalan dengan peserta didik dari formal. Dimana sekarang PKBM ini sudah menjadi satuan pendidikan, dalam hal ini berarti cara otomatis dilembaga yang ada di PKBM ini harus sama dengan yang ada di formal, salah satu nya ada kegiatan ekstrakulikuler, yang mana  hari ini sudah terlaksana kegiatan Masa Orientasi Kepramukaan dan nanti untuk kedepannya akan terus ditingkatkan untuk kegiatan-kegiatan ektrakulikuler, khususnya dibidang Pramuka," jelas Farid


    Ditempat yang sama, Ketua Forum PKBM Korwil IV Kabupaten Sukabumi, Rano Suhendra,SH menyampaikan bahwa kegiatan ini saya pikir juga sebuah kebutuhan, dimana PKBM hari ini sudah satuan pendidikan formal, artinya bahwa semua komponen yang merangkai sebuah kegiatan itu kan menjadi penting untuk semuanya dilaksanakan.


    "Kaitan dengan MOPK ini adalah suatu kegiatan yang memang secara kapasitas dari warga belajar PKBM se'wilayah IV untuk bisa mengepresikan potensi-potensi yang ada di dalam diri warga belajar itu. Dia punya kecendrungan intelejensi, intelektual seperti apa itu harus difasilitasi," terang Rano.



    Rano pun berharap bahwa peserta yang hari ini mengikuti kegiatan bisa melaksanakan kegiatan yang disampaikan atau dilaksanakan oleh panitia, karena semua itu adalah modal dasar untuk bisa merangsang kreativitas, kreasi mereka untuk bisa berekpresi lebih luas lagi.


    "Catatan dari saya bahwa saya menghilangkan watak inferior dari warga belajar PKBM, karena toh  semuanya kita sudah sama tentang hak dan kewajibannya juga sudah sama, artinya bahwa belajar mengajar di PKBM itu sudah tidak boleh mentalnya turun, jadi harus sudah setara dengan formal, jadi tidak ada lagi watak-watak dari warga belajar yang imferior atau misalkan pesimis, juga jangan seperti itu lagi warga belajar itu. Jangan sampai warga belajar ini menjadi murid kelas yang memang terabaikan, semua sudah sama," ujar Rano.


    Semoga harapan ini, lanjut Rano, bisa terus dilaksanakan pada setiap tahunnya, karena memang kaitan dengan warga belajar itu kan selalu regenerasi, kita juga kasih kesempatan untuk adik-adik yang mungkin nanti akan ada di tahun 2024/2025 juga harus mendapatkan kegiatan yang sama.


    "Karena sejujurnya di kegiatan ini sangat baik dan penting untuk menunjang kreasi pada warga belajar itu menjadi keharusan, karena memang kita sudah dalam posisi yang sama dengan formal," pungkasnya.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini