• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Adakah Solusi yang Terbaik Dari Pemerintah Untuk Para Penambang Ilegal !!

    Sabtu, 9/30/2023 08:35:00 AM WIB Last Updated 2023-09-30T01:36:19Z
    masukkan script iklan disini


    LEBAK, Jelajahhukum.id _ Seperti pribahasa 'Ingin hati memeluk gunung, namun kadang malapetaka yang di dapat', pepatah lama ini masih sama, di rasakan saat ini.


    Miris memang, jika kita hayati apa yang sering terjadi yang di alami para penambang ilegal, baik di lobang batu bara maupun di tambang emas ilegal (PETI, Gurandil). Mereka berjuang demi menghidupi keluarga, tapi apa yang di dapat kadang malapetaka yang menimpa.


    Seperti apa yang di dapat dari observasi para awak media di lokasi-lokasi tersebut (ilegal minning_red), baik lobang batu bara dan juga PETI.


    Selain insiden yang alami para penambang juga kadang ada pungli dari oknum-oknum terkait yang mengail di kesempatan dan kesempitan, mereka para penambang di jadikan obyekan oleh para pungli yang diduga mengatasnamakan dari pihak TNGHS juga APH terkait, seolah-olah jadi pahlawan. Ibarat peribahasa 'Menolong, tapi nginjak'. Hal demikian sangat terpaksa di terima oleh para penambang.


    "Mau bilang apa, ya terpaksa di terima, karena kalau tidak begitu, pastinya tidak jalan," ungkap AS pekerja lobang.


    AS mengatakan kepada awak media beberapa waktu lalu, ya begini yang kami alami, itu semua sudah menjadi resiko, kalau gak ngikutin, ya pasti di laporin.



    "Kami hanya bisa pasrah dan tetap di lakoni, karena hanya inilah solusi untuk menghidupi keluarga, walau kadang pait," pungkasnya.


    Resiko yang di hadapi para penambang sangatlah kompleks, terjadi insiden berikut resiko hukumnya, di pungli karena ilegal, juga yang lainnya. Adakah solusi yang terbaik dari pemerintah dengan adanya kegiatan ilegal ini.


    (Didin)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini