• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Pelantikan dan Bimtek Pantarlih untuk Pemilu Tahun 2024 di Desa Jayanti

    Selasa, 2/14/2023 08:29:00 AM WIB Last Updated 2023-02-14T04:16:22Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id||Sukabumi - Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Jayanti mengadakan Pelantikan dan Bimtek Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu tahun 2024. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/02/2023).


    Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PPS, BPD , Kepala Desa Jayanti beserta perangkat, Panwas Jayanti, serta Pantarlih se-Desa Jayanti.


    Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag mengatakan, alhamdulilah di Desa Jayanti telah dilaksanakan pelantikan dan bimtek untuk petugas pemuktahiraan daftar pemilih (Pantarlih).


    "Sebanyak 24 orang berhasil lolos dan berhasil verifikasi data faktual. Mereka dinyatakan lolos sebagai anggota Pantarlih, karena di Desa Jayanti rencana TPS untuk Pemilu di tahun 2024 itu sebanyak 24 TPS," kata Nandang.



    Setelah mereka di kukuhkan dan dilantik, masih kata Nandang, mereka di berikan Bimtek  tentang arahan, dan rencana pelaksanaan tugas mereka dilapangan, yang diberikan arahan nya oleh Ketua PPS.


    "Salah satu tugas mereka yang paling penting adalah mendata para pemilih seakurat mungkin, yang nanti sudah masuk kategori dan punya hak pilih di tahun 2024. Yang paling penting tugas mereka adalah mendata para pemilih se-Desa Jayanti sebagaimana wilayahnya masing-masing," ungkapnya.


    Bukan hanya lebel Pantarlih saja yang akan mereka bawa di masa tugas itu, Nandang pun melanjutkan, tetapi dipundak mereka dan di dada mereka itu tersemat secara langsung mewakili dari pemerintah Desa Jayanti, 


    "Maka saya sangat berharap apa yang disampaikan, tugas yang akan mereka jalankan dilapangan harus selalu berkoordinasi dengan orang-orang dilapangan. Misalnya dengan RT nya, dengan tokoh masyarakatnya dan juga PPS nya, karena sukses dan tidak suksesnya kegiatan Pantarlih ini akan berimbas kepada pelaksanaan pemilu di tahun 2024, begitu juga nanti akan berdampak, karena bagaimana pun data yang digunakan di pemilu 2024 ini akan menjadi data pertimbangan juga nanti memasuki tahun 2025, dimana akan ada pelaksanaan Pilkades serentak, termasuk Desa Jayanti," jelas Nandang.



    Kades Jayanti pun menerangkan bahwa salah satu data yang akan dipertimbangkan pada panitia Pilkades nanti di tahun 2025 yaitu hasil data dari Pantarlih hari ini.


    "Kurang dan lebihnya nanti pasti akan dilengkapi oleh para petugas dan panitia pilkades kedepannya. Sekali lagi koordinasi, komunikasi. Sinergitas mereka dilapangan sangat dibutuhkan dan Insha Allah kelihatannya mereka akan selalu bersinergi ketika mereka mendapatkan arahan, agar tugasnya dilaksanakan sebaik-baiknya. Karena penegasan nya adalah bukan hanya Pantarlih saja, tetapi mereka mewakili Desa Jayanti," pungkas Nandang.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini