• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Kepala SMK IT Tunas Bangsa Diduga Mark'up Siswa 

    Jumat, 1/19/2024 03:06:00 PM WIB Last Updated 2024-01-19T08:19:23Z
    masukkan script iklan disini

     

                     (Caption: Ijazah NT waktu di SMP)


    CIANJUR,Jelajahhukum.id _ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Tunas Bangsa yang berdomisili di Desa Sinarbakti Kecamatan Cijati Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat diduga Mark'up siswa, hal tersebut terungkap setelah ada pengakuan dari salah satu Ketua Pemuda yang akan membantu siswa untuk mendaftar di salah satu PKBM yang ada di wilayah Kecamatan Cijati untuk mendapatkan ijazah paket C.


    Namun ketika data calon warga belajar di PKBM di masukan ke dapodik, nama calon warga belajar tersebut sudah terdaftar di SMK IT Tunas Bangsa. 


    Heri Gunawan selaku Kepala SMK IT Tunas Bangsa, ketika di konfirmasi awak media, terkait dengan nama siswa (N) saya selaku kepala SMK Tunas Bangsa terkait pengelolaan data siswa tidak pernah ikut campur.


    "Tidak pernah ikut campur, karena ada bagiannya masing-masing. Selain itu juga saya belakang ini jarang ada di sekolah karena ada kesibukan di luar kota. Semua data tersebut yang tercantum di dapodik itu atas dasar kesepakatan orang tua," ujarnya, Kamis (18/01/2024).


    Sementara itu, Ketua Pemuda Desa Sinarbakti Kecamatan Cijati menilai, yang tidak mau di sebut namanya bahwa sikap Heri gunawan selaku kepala sekolah, demi meraut keuntungan yang besar di duga sengaja Mark'up siswa yang betul-betul orangnya tidak melanjutkan sekolah.


    "Menurut saya Heri Gunawan telah melanggar aturan-aturan pemerintah, padahal sudah jelas di petunjuk teknis BOS bahwa data siswa yang di bayarkan oleh pemerintah itu harus sesuai dengan data rill yang benar-benar duduk di meja selaku siswa," jelasnya.


    Siswa yang tercantum dalam lampiran 1 nomor 3/P/1023 tentang satuan biaya penerima Dana dan besaran alokasi bantuan operasional (BOS) penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, reguler Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) reguler dan Dana Bantuan Operasional pendidikan kesetaraan Reguler pihak kepala sekolah dan kesiswaan tidak bisa memberikan penjelasan.


    (Caption: Bukti NT terdaftar di dapodik dan SMK IT Tunas Bangsa, padahal Ia sedang bekerja di Jakarta dan tidak melanjutkan sekolah ke tingkat SMK/SMA)


    Dengan adanya dugaan Markup siswa di SMK IT Tunas Bangsa Cijati, seperti di biarkan oleh pihak dinas.


    Tapi selaku petugas dinas provinsi pelaksana tingkat kabupaten, kantor cabang dinas (KCD) kabupaten cianjur, untuk di minta penjelasan terkait SMK IT Tunas Bangsa Cijati belum bisa di temui.


    (Hermawan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini